9/28/2018

Arca Siwa Mahadewa, Arca Siwa Mahaguru, dan Arca Ganesha.


1.      Arca Siwa Mahadewa
Arca Siwa merupakan arca pusat dan terdapat dalam bilik tengah Candi Siwa. Dewa Siwa sebagai Mahadewa mempunyai kedudukan yang paling tinggi. Siwa adalah raja para dewa. Dewa Siwa dalam Tri Murti dikenal sebagai dewa perusak alam semesta. Karena itu Dewa Siwa sangat ditakuti dan dipuja. Dewa Siwa empunyai kendaraan berupa lembu, yang disebut Nandi.

2.      Arca Siwa Mahaguru
Arca Siwa Mahaguru disebut Agastya. Siwa mahaguru menggambarkan seorang resi penyebar agama Hindu dan penyusun berbagai syair pujaan. Ia berperan sebagai penasehat Rama, Laksamana, dan Sinta. Tangan kanannya memegang tasbih da tangan kirinya memegang kendi. Perutnya tampak gendut dan berjenggot. Di atas bahunya terdapat penyapu lalat yang menunjukkan dirinya sebagai pertapa.

3.      Arca Ganesha
Arca Ganesha berkepala gajah menggambarkan dewa bahagia sedag duduk dengan perutnya yang gendut. Arca Ganesha memiliki 4 buah tangan, 2 tangan kanan dan 2 tangan kiri. Tangan kanan belakang memegang tasbih. Tangan kiri belakang memegang kampak. Tangan kiri depan memegang kotak yang sedang dihisap oleh belalainya. Tangan kanan depan memegang salah satu gadingnya yang patah. Patung Ganesha juga menggambarkan putera mahkota, sebagai patih dan panglima perag Raja Balitung. Patung Ganesha dipuja sebagai dewa ilmu pengetahuan dan penolak marabahaya.

No comments: