9/26/2018

Karbohidrat


Karbohidrat sangat vital untuk proses fisiologi di salam sel makhluk hidup. Berdasarkan fungsinya, karbohidrat dapat dikelompokkan menjadi:
-     karbohidrat sederhana sebagai sumber energi di dalam sel
-     karbohidrat rantai panjang sebagai cadangan energi
-     karbohidrat rantai panjang sebagai komponen struktural organel dan bagian sel lainnya.

Karbohidrat terdiri dari unsur karbon (C), oksigen (O), dan hidrogen (H). Rumus molekul karbohidrat adalah Cn(H2O)n. Pada tumbuhan, karbohidrat dibentuk oleh sel-sel berhijau daun (kloroplas yang mengandung klorofil) melalui proses fotosintesis. Karbohidrat digolongkan menjadi monosakarida, disakarida, dan polisakarida.

Monosakarida
Monosakarida adalah karbohidrat sederhana yang namanya ditentukan oleh jumlah atom C pada molekulnya. Contoh monosakarida adalah triosa, pentosa, dan heksosa.
    1) Triosa, memiliki 3 atom C, terdapat di dalam sel sebagai hasil atau metabolit pada oksidasi heksosa dan pentosa. Contohnya adalah gliseraldehid dan dihidroksi aseton.
    2) Pentosa, memiliki 5 atom C, terdapat pada asam nukleat (DNA dan RNA) dan beberapa koenzim. Contohnya adalah ribosa, deoksiribosa, dan ribulosa.
    3) Heksosa, memiliki 6 atom C. Contohnya adalah glukosa, fruktosa, dan galaktosa.

Disakarida (Cn(H2O)n-1)
Disakarida adalah karbohidrat yang jika dihidrolisis akan meghasilkan dua molekul monosakarida yang sama atau berbeda. Contohnya adalah sukrosa (gula tebu) yang terdapat pada sel batang tebu dan laktosa (gula susu) yang terdapat pada kelenjar susu (kelenjar mamae).

Polisakarida
Polisakarida memiliki rumus molekul (C6H10O5)n. Ada dua macam polisakarida, yaitu homopolisakarida dan heteropolisakarida. Homopolisakarida dibentuk oleh monosakarida yang sama, sedangkan heteropolisakarida dibentuk oleh bermacam-macam monosakarida, nitrogen-amino, dan sulfur.

Contoh homopolisakarida:
1) amilum (zat pati), merupakan hasil fotosintesis
2) glikogen, terdapat di dalam  sel-sel hati dan sel otot
3) inulin, terdapat pada sel akar tumbuhan tertentu sebagai cadangan makanan
4) lignin, terdapat pada sel xilem
5) selulosa, terdapat pada dinding sel tumbuhan tingkat tinggi dan berfungsi sebagai pelindung sel

Contoh heteropolisakarida:
1) kitin, terdapat pada kulit arthropoda, misalnya jangkrik, kumbang, dan belalang
2) heparin, terdapat di dalam sel hati, sel paru-paru, dan sel dinding arteri sebagai zat antikoagulasi

No comments: