9/26/2018

Ruang Lingkup Biologi


Biologi berasal dari kata bios yang berarti hidup dan logos yang berarti pengetahuan. Jadi, Biologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup. Sebagai ilmu pengetahuan, ilmu Biologi mengkaji berbagai persoalan yang berkaitan dengan berbagai tingkat organisasi kehidupan dan interaksinya dengan faktor lingkungan.

Objek Biologi
Objek biologi meliputi seluruh makhluk hidup. Pada awalnya Biologi memiliki tiga ragam objek berupa kerajaan (kingdom), yaitu Plantae (dunia tumbuhan), Animalia (dunia hewan), dan Protista. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, ragam objek Biologi juga terus berkembang. Klasifikasi makhluk hidup yang semula dibagi tiga kingdom semenjak akhir abad ke-19 ragam objek Biologi berkembang menjadi lima kingdom, yaitu Plantae, Animalia, Protista, Fungi, Eubacteria, dan Archaebacteria.

Tema dan Persoalan Biologi
Objek-objek kajian Biologi akan semakin berkembang dengan kemajuan iptek, sehingga kajian masing-masing objek semakin kompleks dan rumit. Adapun kajian tersebut meliputi berbagai tema persoalan Biologi, yaitu sebagai berikut.

a. Biologi (sains) sebagai proses inkuiri (penemuan).
b. Sejarah perkembangan konsep Biologi.
c. Evolusi.
d. Keanekaragaman dan keseragaman.
e. Genetik dan keberlangsungan hidup.
f. Organisme dan lingkungan.
g. Perilaku.
h. Struktur dan fungsi.
i. Regulasi.

Untuk memudahkan mempelajari tema persoalan Biologi, maka objek-objek Biologi dipilah-pilah menurut tingkatan-tingkatan yang dikenal dengan tingkat organisasi kehidupan. Adapun tingkat organisasi kehidupan dari urutan yang paling sederhana hingga yang paling kompleks adalah molekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, individu/organisme, populasi, komunitas, ekosistem, dan bioma.

1.    Tingkat Molekul
Kajian Biologi pada tingkat molekul meliputi berbagai jenis biomolekul yang menjadi penyusun tubuh makhluk hidup, misalnya air, protein, lemak, karbohidrat, vitamin, DNA, dan RNA.
2.    Tingkat Sel
Kajian Biologi pada tingkat sel meliputi: morfologi dan jenis sel, organel sel, fungsi sel, metabolisme sel, transportasi dalam sel, serta cara sel bereproduksi.
3.    Tingkat Jaringan
Kajian Biologi pada tingkat jaringan meliputi: macam jaringan, komponen jaringa, fungsi jaringa, komponen penyusun jaringan, serta pembentukan dan perkembangan jaringan.
4.    Tingkat Organ
Kajian Biologi pada tingkat organ meliputi: jenis organ, penyusun organ, fungsi organ, perkembangan organ, transplantasi organ, serta kelainan pada organ.
5.    Tingkat Sistem Organ
Kajian Biologi pada tingkat sistem organ meliputi: macam sistem, penyusun sistem, fungsi dari berbagai sistem, cara kerja sistem, dan kelainan pada sistem.
6.    Tingkat Individu/Organisme
Kajian individu pada tingkat individu/organisme meliputi: jenis organisme, kedudukan organisme dalam taksonomi, cara memperoleh makanan, cara bereproduksi, cara beradaptasi, dan lain-lain.
7.    Tingkat Populasi
Kajian Biologi pada tingkat populasi meliputi: perkembangan populasi, jumlah kelahiran (natalitas), jumlah kematian (mortalitas), perpindahan (migrasi), dan kompetisi dalam populasi.
8.    Tingkat Komunitas
Kajian Biologi pada tingkat komunitas meliputi: jenis populasi, kondisi lingkungan, hubungan timbal balik, interaksi antara makhluk hidup yang satu dan yang lain, dan cara beradaptasi.
9.    Tingkat Ekosistem
Kajian Biologi pada tingkat ekosistem meliputi: jenis ekosistem, komponen penyusun ekosistem, hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungan, rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan aliran energi, serta pengaruh pencemaran terhadap organisme di dalam suatu ekosistem dan karakteristik ekosistem yang tercemar.
10. Tingkat Bioma
Kajian Biologi pada tingkat bioma meliputi: macam-macam bioma, ciri-ciri bioma, ciri-ciri iklim yang mempengaruhi, serta tumbuhan dan hewan khas yang terdapat dalam bioma.

No comments: