9/26/2018

Manfaat dan Bahaya Perkembangan Biologi bagi Kehidupan


Ilmu Biologi mengalami perkembangan yang pesat, hal ini ditandai dengan munculnya berbagai macam cabang Biologi baru. Perkembangan ilmu Biologi ini jika dimanfaatkan dengan baik dan untuk tujuan kesejahteraan manusia akan memberikan manfaat yang begitu besar. Berikut ini beberapa manfaat perkembangan ilmu Biologi:
               
1. Membantu dalam menemukan dan mengembangkan bahan kebutuhan pokok manusia, seperti bahan makanan, pakaian, peralatan, dan perumahan, serta energi.
2. Penemuan bibit unggul, baik hewan ternak maupun tanaman pertanian yang membantu manusia untuk meningkatkan produksi pangan.
3. Menyingkap rahasia proses-proses kehidupan, pewarisan sifat, dan gen, sehingga dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
4. Menemukan berbagai penyebab dan pengobatan berbagai macam penyakit, baik pada manusia, hewan, dan tumbuhan.
5. Pengobatan limbah rumah tangga dan industri yang lebih ramah lingkungan dengan menggunakan organisme pengolah limbah yang telah ditemukan peneliti.

Dari beberapa manfaat di atas, tidak sedikit pula orang yang menyalahgunakan perkembangan pengetahuan Biologi sehingga dapat menimbulkan bahaya bagi kehidupan manusia. Beberapa bahaya perkembangan pengetahuan Biologi jika disalahgunakan sebagai berikut:

1. Mengeksploitasi kekayaan alam tanpa memerhatikan keutuhan ekosistem sehingga tatanan lingkungan menjadi rusak dan mengakibatkan banjir.
2. Penggunaan bakteri dan virus yang mematikan yang digunakan sebagai senjata biologis dapat merusak lingkungan biotik maupun abiotik.
3. Organisme baru hasil rekayasa genetika dikhawatirkan akan dapat memenangkan kompetisi dan menyingkirkan organisme yang telah ada di alam sehingga dapat menimbulkan ketidakseimbangan alam.
4. Penggunaan bibit unggul mengakibatka berkurangnya keanekaragaman hayati.
5. Penggunaan pestisida dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan hama menjadi resisten dan sisa pestisida yang tertinggal dapat mencemari lingkungan.

No comments: